Ingin Jadi SPG

Apa saja uraian tugas, tanggung jawab serta kualifikasi dan gaji seorang SPG

 

SPG merupakan kepanjangan dari Sales Promotion Girl. Hampir setiap toko di Indonesia maupun di negara lain kita akan menjumpai adanya SPG. Biasanya saat anda melihat-lihat kedalam sebuah toko atau supermarket anda akan dihampiri oleh para SPG ini. Mereka akan menyapa anda, kemudian menjelaskan produk secara detail dan mempromosikannya untuk anda membeli produk tersebut. 

Tugas SPG secara umum memasarkan produk dan menjadi ujung tombak pemasaran suatu produk di lapangan. Bukanlah tugas yang mudah, karena mereka bisa dibilang menjadi perwakilan atau image dari produk maupun perusahaan terkait.

Sudah tahukah kamu apa saja tugas, kualifikasi, dan gaji SPG? Dalam bekerja SPG juga memiliki standar. Mereka tidak sekedar berdiri dan membantu mendapatkan barang yang kita inginkan. Akan tetapi, sebelum bisa bekerja sebagai SPG mereka juga harus memenuhi syarat kualifikasi tertentu dari pemilik toko. Apa saja uraian tugas, tanggung jawab serta kualifikasi serta penghasilan seorang SPG

Tugas SPG

Tugas SPG secara khusus memperkenalkan konsumen pada produk perusahaan dan pada akhirnya menarik calon pembeli. Selain itu, mereka juga punya tugas untuk membantu supervisor dan koordinator dalam mengelola, mengenalkan, dan memasarkan produk perusahaan.

Dengan demikian, SPG tidak hanya melayani dan menemani konsumen untuk belanja, tapi juga memastikan konsumen tahu kualitas barang yang diperkenalkan. Bahkan mereka juga wajib mengerjakan tugas minor seperti menjaga kebersihan area penjualan supaya konsumen nyaman saat berads di toko.

Syarat Kualifikasi SPG

Berhubungan dengan tugas-tugas tersebut di atas maka perusahaan mencari SPG yang memenuhi syarat kualifikasi mereka. Syarat umuk menjadi SPG secara umum ialah sebagai berikut:

  • Memiliki pendidikan minimal SMA/SMK/D3 dan lulusan sekolah sederajat
  • Wanita/laki-laki dengan maksimal usia 30 pada umumnya.
  • Siap bekerja dengan orientasi target.
  • Memiliki tinggi badan yang cukup.
  • Mahir dalam menggunakan tablet, smartphone, atau laptop.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar, terlebih menguasai Bahasa asing.
  • Profesional dalam bekerja, menjaga norma-norma yang berlaku, 
  • Memiliki kemampuan marketing pasti akan lebih dipertimbangkan

Pada intinya diperlukan skill atau kemampuan khusus yang paling dibutuhkan dari SPG ialah kemampuan untuk memasarkan produk perusahaan dan mampu menyampaikan informasi dengan jelas terkait produk tersebut.

Pendapatan SPG

Setiap pegawai pasti mendapatkan gaji begitu pula dengan SPG. Sebutannyapun bervariasi mulai dengan komisi, fee, honor, upah maupun bonus. Kurang lebih berikut penjelasan penghasilan seorang SPG.

  • SPG Event umumnya mendapatkan penghasilan antara Rp 250.000 – 500.000 per hari atau tergantung dari Brand atau Produk yang mereka wakili. Bisa dibayarkan harian, mingguan maupun bulanan tergantung kesepakatan dengan si pemilik brand atau produk tersebut. Penghasilan ini tentunya juga tergantung kesepakatan dengan Perusahaan. Biasanya ada bonus dari hasil target penjualan yang tercapai. 
  • SPG Reguler toko yang banyak kita jumpai pada pasar swalayan merupakan bagian dari karyawan toko sangat berbeda dari dua SPG di atas. Mereka merupakan karyawan reguler, staf yang digaji per bulan sesuai dengan UMP atau UMK daerah. Bonusnya bisa di dapatkan berdasarkan kebijakan perusahaan.

Demikian penjelasan singkat mengenai uraian tugas, kualifikasi, dan penghasilan seorang SPG.

Event Terkini

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap memberikan jawaban atas semua pertanyaan anda
👋 Halo, ada yang dapat kami bantu?
%d bloggers like this: